Perancangan System Pakar Generic Menggunakan Binary Tree

Luky Agus Hermanto, ST., MT.
Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Jl. Arif Rahman Hakim No. 100 Surabaya
e-mail : [email protected]

Abstrak

Kebutuhan akan adanya tenaga ahli atau pakar dalam menghadapi dan menyelesaikan suatu masalah dewasa ini menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi, terutama pada masalah-masalah yang hanya dipahami oleh orang-orang dengan kemampuan tertentu (pakar), dan dibutuhkan suatu kecepatan dalam memutuskan tindakan atau penanganan. Ketersedian tenaga ahli/pakar yang terbatas akan menghambat diputuskannya suatu tindakan atau penanganan, selain itu kemampuan pakar tidak selamanya dapat diandalkan, dan pada akhirnya dapat menemui kekurangan dalam beberapa kondisi.

Pemanfaatan teknologi informasi dalam beberapa aplikasi dewasa ini sudah menjadi bagian penting dalam berbagai bidang keilmuan, baik sebagai penunjang maupun komponen utama. Keberadaan suatu system pakar untuk menyelesaiakan masalah dapat mengatasi beberapa kekurangan dengan menggunakan tenaga pakar sebenarnya.

Dengan menggunakan pembacaan table yang berisikan kondisi ya dan tidak, yang merupakan bentuk lain dari diagram binary tree, dan tetap menggunakan metode forward-backward chaining sebagai penelusur rule, dapat dibangun sebuah system pakar yang lebih sederhana, praktis, dan generic. Dari beberapa percobaan yang diterapkan dalam beberapa kasus menunjukkan hasil yang mendekati kebenaran sesuai dengan keadaan real.

Kata kunci : binary tree, system pakar, generic.

Full Text

Peer Review

Edu/spstesting 5 year trend composite act score year 2004 2005 2006 2007 2008 2009 act score 30 31 31 31 32 31 don’t know your act score
This entry was posted in National Session. Bookmark the permalink.