Pengaruh Perilaku Tenaga Kerja dan Lingkungan Kerja Yang Dimoderasi Faktor Pengalaman Kerja dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kecelakaan Kerja Konstruksi di Surabaya

Iqbal Al Faris, Feri Harianto. (2014). Pengaruh Perilaku Tenaga Kerja dan Lingkungan Kerja Yang Dimoderasi Faktor Pengalaman Kerja dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kecelakaan Kerja Konstruksi di Surabaya. Seminar Nasional X – 2014 Teknik Sipil Its Surabaya. Inovasi Struktur dalam Menunjang Konektivitas Pulau di Indonesia.

Full Text

Abstrak

Di proyek konstruksi setiap kegiatannya mempunyai tingkat risiko kecelakaan kerja. Perilaku tenaga kerja, lingkungan kerja, usia, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja mempunyai potensi mempengaruhi kecelakaan kerja. Metode penelitian ini adalah metode survei, analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan variabel moderator dengan metode interaksi atau Moderated Regression Analysis (MRA). Responden yang dijadikan pengukuran adalah para tukang, kuli, dan mandor. Penyebaran kuisioner di 3 lokasi proyek. Proyek tersebut antara lain Proyek Renovasi Asrama Mahasiswa Blog G-H Kampus ITS Sukolilo, Proyek Pembangunan Perumahan Ramadha Kebraon, dan Proyek Pembangunan Rumah Tinggal 2 Lantai Dukuh Kupang Indah. Berdasarkan hasil analisis perilaku tenaga kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kecelakaan kerja (R = 0,519). Sedangkan lingkungan kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecelakaan kerja (R = 0,003), dan pada tingkat pendidikan mempengaruhi secara signifikan terhadap kecelakaan kerja, dimana sebelum dimoderasi R = 0,616 dan setelah dimoderasi R = 0,642. Selain itu pengalaman kerja mempengaruhi secara signifikan terhadap kecelakaan kerja, dimana sebelum dimoderasi R = 0,6 dan setelah dimoderasi R = 0,586. Dan variabel usia berfungsi sebagai variabel bebas dan tidak berfungsi sebagai variabel moderator.

Kata kunci: Pengalaman Kerja, Tingkat Pendidikan, Kecelakaan Kerja, Perilaku Tenaga Kerja, Lingkungan Kerja.

This entry was posted in Jurnal Publikasi Dosen. Bookmark the permalink.