Kajian CER Bahan Bakar Alternatif pada Industri Air Minum dalam Kemasan Sebagai Rekomendasi dalam Mitigasi Terhadap Global Warming

Penulis

Maritha Nilam Kusuma
Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Abstrak

PT XYZ adalah salah satu industri air minum dalam kemasan yang berpotensi menghasilkan gas rumah kaca yang memberikan dampak negatif pada manusia dan lingkungan. Oleh karena itu diadakan penelitian yang mengkaji berapa nilai karbon yang dihasilkan oleh PT XYZ dan berapa Nilai CER yang didapatkan apabila menggunakan bahan bakar alternatif selain mendapat pasokan listrik dari PLN.

Pengumpulan data berupa data sekunder tentang pemakaian energi listrik dalam kurun waktu 1 tahun yang diambil pada bulan Januari sampai dengan Oktober tahun 2009. Analisa dan pembahasan tentang nilai emisi karbon menggunakan metode ACM0002 serta mengetahui nilai CER dengan menggunakan alternatif bahan bakar gas alam dan batu bara yang langsung diimplementasikan di industri tersebut.

Dari penelitian ini didapat bahwa, nilai emisi karbon PT XYZ sebesar 6,966.69 Ton CO2/thn. Nilai CER yang didapat apabila mengunakan bahan bakar batu bara dan gas alam adalah sebagai berikut Rp -140.053.500,00/tahun dan Rp557.316.000,00 / tahun. Hasil tersebut dapat memberikan rekomendasi kepada PT XYZ untuk mulai beralih menggunakan bahan bakar gas alam.

Kata Kunci: CO2, CER dan emisi karbon

Full Text

This entry was posted in Proceeding SNTEKPAN 2014 and tagged , , . Bookmark the permalink.