Aplikasi Link Budget untuk menghitung Kualitas Sinyal Jaringan Nirkabel pada BTS SCBDnet cab. Surabaya dengan Fuzzy Sugeno

Imas & Anita T. Kurniawati, Aplikasi Link Budget untuk menghitung Kualitas Sinyal Jaringan Nirkabel pada BTS SCBDnet cab. Surabaya dengan Fuzzy Sugeno, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi II, ITATS, ISBN: 978-602-98569-1-0.

Full Text

Abstrak

PT. Artha Telekomindo sebagai salah satu Internet Service Provider (ISP) di Indonesia. khususnya di Surabaya, sangat mementingkan kualitas pelayanan terhadap pelanggannya. Pada pelaksanaan pemeliharaan dan pengembangan BTS untuk meningkatkan kualitas jaringan nirkabel, para teknisi PT. Artha Telekomindo cabang Surabaya menghadapi kendala yaitu ketergantungan terhadap vendor yang membangun BTS. Ketergantungan itu berupa analisa pemasangan antena baik dari perhitungan jarak jangkau atau kekuatan antena itu sendiri. Untuk itu diperlukan sebuah aplikasi yang dapat melakukan analisa perhitungan kemampuan setiap antena jaringan nirkabel di PT. Artha Telekomindo cabang Surabaya. Aplikasi ini menggunakan penerapan metode perhitungan Link Budget dan fuzzy Sugeno. Setelah dilakukan perhitungan dengan Link Budget, akan dianalisa kelayakannya dengan metode fuzzy Sugeno yaitu mulai proses fuzzifikasi, inferensi atau pembentukan aturan dan defuzzifikasi. Setelah dilakukan pengujian sistem, didapat tingkat akurasi sebesar 85%. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat proses analisa perhitungan antena jaringan nirkabel yang dilakukan para teknisi PT. Artha Telekomindo cabang Surabaya, dan dapat meningkatkan pelayanan terhadap konsumen.

Kata Kunci : Internet Service Provider (ISP), Jaringan nirkabel, Link Budget, Fuzzy Sugeno, Received Signal Level (RSL).

This entry was posted in Proceeding SNTEKPAN 2014 and tagged , , , , . Bookmark the permalink.