ANALISA GANGGUAN MOTOR DC LOKOMOTIF DIESEL ELEKTRIK CC201


Titiek Suheta,Tjahja Odinanto,Eryanto Setyono

Teknik Elektro, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya [email protected],[email protected],[email protected]

Seminar Nasional Fortei Regional 7

Abstrak-Pada permasalahan Lokomotif Diesel Elektrik CC201 adalah adanya gangguan motor DC yang terjadi pada lokomotif seri ini (Lokomotif Hilang Tenaga dan Lokomotif Lemah Tenaga) seperti hal nya beberapa gangguan yang terjadi yakni, arus gangguan, tegangan jatuh, gagal transisi, under voltage dan keandalan relay. Keadaan lokomotif hilang tenaga tersebut membuat lokomotif ini mengalami gangguan pada kecepatannya yang mengakibatkan arus hubung singkat yang terjadi sebesar 237,6 A. berdasarkan analisanya terdapat juga tegangan jatuh sebesar 26 V yang mengakibatkan perpindahan noth thortle 1 – 8 menjadi hilang tenaga. Pada permasalahan lokomotif gagal transisi atau lokomotif lemah tenaga Dikatakan lokomotif gagal transisi disini merupakan perpindahan noth 1-8, pada noth 1 = 797,28V (444 – 453 RPM), noth 2 = 932,8V (519 – 549 RPM), noth 3 = 1073,6V (605 – 636 RPM), noth 4 = 1214,4V (702 – 710 RPM), noth 5 = 1355,2V (778 – 808 RPM), noth 6 = 1496V (874 – 882 RPM), noth 7 = 1636,8V (905 – 968 RPM), noth 8 = 1777,6V (1045 – 1055 RPM) apabila dari nilai ini lebih dari 15% dari nilai normalnya maka kecepatan lokomotif akan mengalami gagal transisi.

Kata Kunci – Arus hubung singkat, tegangan jatuh, under voltage, keandalan relay, Electro motive force

Full Text