STUDY GRAFIK Rn TERHADAP ρ SEBAGAI ALAT BANTU DALAM MEMPERMUDAH DAN MEMPERCEPAT PROSES DISAIN BALOK BETON BERTULANG


Eka Susanti, Edy hariyanto
Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

ABSTRAK

Proses disain balok beton bertulang merupakan proses do and check yang terus berulang. Proses tersebut memerlukan banyak waktu untuk mendapatkan disain yang kuat dengan dimensi dan jumlah tulangan yang ekonomis. Proses disain yang memerlukan waktu tersebut akan semakin rumit dan semakin lama bila permodelan disain semakin didekatkan pada permodelan yang mendekati kenyataan dan kebutuhan.

Pengecoran plat lantai dan balok pendukung dilakukan bersamaan sehingga menjadi kesatuan yang monolit. Karena itu disebut dengan Balok T, dimana plat lantai sebagai sayap dari balok, ikut menyumbangkan kekuatan.

Daktilitas balok diperlukan dalam disain struktur tahan gempa, salah satu parameter yang meningkatkan daktilitas adalah penambahan tulangan tekan. Disain dengan tambahan tulangan tekan disebut dengan disain balok bertulangan rangkap.

Disain balok T apalagi dengan tulangan rangkap lebih rumit dan memerlukan banyak waktu.

Penelitian ini bertujuan membuat alat bantu disain balok beton bertulang berupa grafik Rn terhadap ρ. Grafik tersebut dibuat untuk balok persegi dengan tulangan tunggal dan rangkap, juga untuk balok T dengan tulangan tunggal dan rangkap dengan parameter mutu beton, mutu baja dan ukuran penampang yang lebih banyak variasinya

Kata kunci: balok persegi, balok T, tulangan tunggal, tulangan rangkap, Rn dan ρ

Peer Review