PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK UNGGULAN IKM DI KABUPATEN MALANG JAWA TIMUR YANG BERDAYA SAING TINGGI


Christin Mardiana, ST.

Ratna Puspitasari, ST., MT.

Jurusan Desain Produk, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

 

ABSTRAK

Saat ini IKM di Jawa Timur masih berorientasi pada kegiatan produksi serta rendah inovasi dalam pengembangan produk dan pemasaran, sehingga diperlukan peningkatan wawasan dalam memanfaatkan sumber daya lokal yang meliputi: teknologi, SDM, bahan baku, dan potensi alam.

Permasalahan disini adalah masih kurang kompetitifnya produk IKM di Jawa Timur (Kabupaten Malang) dari segi desain dan marketingnya, permasalahan lain adalah kesenjangan kompetensi antara perguruan tinggi dan dunia industri (IKM) dalam pengembangan kualitas produk, akses pasar dan proses manufaktur untuk dapat bersaing dipasar global. Pengembangan desain produk ini diharapkan mempermudah membangun jembatan kerjasama antara perguruan tinggi dan sentra IKM Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Hal tersebut diatas bertujuan agar Kabupaten dapat mengembangkan daya saing produknya dan tidak lagi bergantung pada daerah lain yang lebih maju. Selain itu, adanya pengembangan desain produk unggulan dapat meningkatkan kompetensi SDM IKM sekaligus dapat meningkatkan kualitas desain produk dan teknologi rancang bangun, pada sektor industri kreatif.

Hasil dari kegiatan ini adalah pengembangan desain produk IKM diantaranya: pengembangan ide dan konsep produk, dokumentasi desain (gambar-gambar, 3D rendering, gambar produksi, spesifikasi desain), purwarupa pengembangan desain, dan Artikel ilmiah untuk pengajuan ke jurnal nasional serta dan rekomendasi Program Pengembangan Produk Unggulan di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kata Kunci : IKM, Jawa Timur, Pengembangan Desain, Produk Unggulan,

Full Text

peer review