Pemodelan Tanaman Virtual Menggunakan Lindenmayer System


Andy Suryowinoto
Jurusan Teknik Elektro,Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Jalan Arif Rahman Hakim No.100 Surabaya
e-mail:[email protected]
Abstrak-Kontribusi komputer dalam bidang grafis berkembang sangat cepat, aplikasinya mulai dari
sains, dunia industri manufaktur, medis, hingga militer. Berangkat dari hal tersebut pentingnya pengembangan sistem yang dapat mengurangi waktu saat render dan meminimalkan menggunakan sumber daya perangkat keras computer, sehingga dapat digunakan untuk komputer dengan skala kecil sekelas komputer personal. Menggunakan metode penelitian system development life cycle yang terdiri atas tahap menganalisa dan merancang pada pemodelan tiga dimensi tanaman, khususnya pohon menggunakan algoritma lindenmayer system, dimana penumbuhan percabangan dahan dan ranting, hingga daun, mengambil patokan koordinat objek pada titik percabangan untuk menumbuhkan bagian cabang lain pada pohon. Pada hasil penelitian didapatkan bahwa render
dengan jumlah 130,904 verticerender 2 detik, daun segi delapan 2,57 detik, dan bentuk bulat dengan waktu render 3,6 detik. Simulasi pemodelan tanaman virtual tercapai.

Kata kunci : Pemodelan tiga dimensi, pohon, render, lindenmayer system

Full Text

Peer Review