Peningkatan Produktivitas pada UKM melalui Iptek Bagi Masyarakat (Studi kasus di Sentra Pengrajin Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo)


Suhartini, Alfiah, Taty, & Budianto, Agus. (2017). Peningkatan Produktivitas pada UKM melalui Iptek Bagi Masyarakat (Studi kasus di Sentra Pengrajin Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo). Jurnal Teknik Industri, 19(1), pp. 15-19.

Abstrak

“Kampoeng Batik Jetis” adalah pusat batik Sidoarjo yang sudah berpuluh-puluh tahun yang lalu, namun pada saat ini jumlah pengrajin batik semakin berkurang jumlahnya, yaitu sekitar 10 pengrajin batik, Dan tentunya para pengrajin batik yang masih dapat mempertahankan usahanya tentunya tidak lepas dari berbagai kendala dalam menjalankan usahanya. Pada penelitian peningkatan produktivitas ini, objeknya adalah 2 (dua) pengrajin dari 10 (sepuluh) pengrajin batik di “Kampoeng Batik Jetis”, pengrajin 1 (pertama) adalah pengrajin “Batik Azizah” nama pemilik bapak Muhammad Nurwahyudi di Jalan Jetis Gang. III No.115 Sidoarjo , sedangkan pengrajin 2 (kedua) adalah “Batik Yassyaroh” nama pemilik ibu Maryam di Jalan Jetis Gang. III No.119 Sidoarjo. Pada penelitian ini diharapkan akan dapat menyelesaikan semua permasalahan yang dialami oleh pengrajin guna untuk meningkatkan kinerja dan produktifitas mitra. Adapun penelitian dalam meningkatan produktivitas ini difokuskan pada prioritas bidang proses produksi, lingkungan, pemasaran. Metode yang digunakan dalam rangka pencapaian tujuan adalah dengan memberikan pendampingan, pelatihan dan workshop. Pada bidang proses produksi Mitra akan mendapatkan pelatihan membuat lilin (malam), pelatihan meningkatan ketrampilan SDM, pengadaan alat proses batik dan penataan fasilitas lantai paving pada proses mbatik dan mencarikan solusi untuk pengadaan solar. Bidang lingkungan, pengrajin akan mendapatkan pelatihan mendaur ulang limbah dan membuat penyaringan limbah cair. Bidang pemasaran pengrajin akan mendapatkan pelatihan membuat website, brosur, kartu member, mengikuti pameran-pameran. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar keahlian dan kompetensi SDM dapat meningkat yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas pengrajin.

Kata kunci: batik tulis, pendampingan, produktifitas, green product, UKM

Full Text 

Peer Review