ANALISIS PEMAKAIAN TANAH SUMENEP MADURA YANG MENGANDUNG GARAM SEBAGAI TIMBUNAN DAN TANAH DASAR


Gati Sri Utami
Siti Choiriyah
Jurusan Teknik Sipil FTSP ITATS
Jl. Arief Rahman Hakim No. 100 Surabaya
ABSTRAK
Salah satu cara mengatasi permasalahan yang ada pada tanah lempung ekspansif menurut penelitian Agus Tugas Sudjianto, 2007, dengan menggunakan garam dapur (NaCl) sebagai bahan stabilisasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahan stabilisasi garam dapur (NaCl) dapat memperbaiki sifat fisik dan mekanik tanah lempung ekspansif. Pada sifat fisik : berat volume, kadar air, berat jenis, dan batas-batas Atterberg mengalami penurunan setelah distabilisasi. Sementara pada sifat mekanik tanah lempung ekspansif menjadi semakin baik. Dari hasil optimasi untuk sifat fisik dan mekanik kadar campuran yang paling baik adalah 50% penambahan garam dapur (NaCl).
Berdasarkan penelitian tersebut di atas kami melakukan penelitian tentang pemanfaatan tanah Sumenep Madura yang mengandung garam sebagai timbunan dan tanah dasar. Karena kami menyadari bahwa material yang biasanya dipakai sebagai timbunan semakin lama harganya semakin mahal dan kadang-kadang suatu daerah sulit untuk mendapatkannya.
Penelitian yang dilakukan adalah uji laboratorium tentang kandungan garam tanah asli, karakteristik fisik dan mekanik tanah asli serta setelah ditambah kadar garam kelipatan 5%. Kemudian dianalisis berapa penambahan kadar garam maksimum pada tanah yang dapat dipakai sebagai timbunan dan tanah dasar .
Hasil penelitian untuk tanah asli kadar garamnya 15,05%, liquit limit 89 % dan indek plastisitas 42,83%, γdmax 1,70kg/cm3 dan Wopt 22,15%, CBR 2,3%, Tegangan geser P (2,4,8)kg 0,412kg/cm2; 0,372 kg/cm2; 0,618 kg/cm2 , dan swelling 10,92%. Untuk tanah asli yang ditambah kadar garam kelipatan 5% (5%,10%, 15%,20%) semakin banyak penambahan kadar garam semakin turun nilai LL dan IP penambahan 20% LL 81% dan IP 29,93%, kepadatan semakin bertambah dari γdmax 1,70kg/cm3 sampai menjadi 1,76 kg/cm3 atau bertambah 3,53% dari tanah asli, nilai CBR bertambah untuk penambahan 5%,10%, 15% sedangkan pada penambahan 20% mengalami penurunan, nilai swelling semakin berkurang dari 10,92% menjadi 8,35 % atau berkurang dari tanah asli, nilai tegangan geser untuk P (2,4,8)kg pada penambahan 5%,10%,15% mengalami kenaikan sedangkan pada penambahan 20% mengalami penurunan, nilai tegangan semakin bertambah pada penambahan5%,10%,15% penambahan 20% berkurang.
Secara umum dapat dikatakan tanah Sumenep yang mengandung garam termasuk tanah lempung plastisitas sangat tinggi sehingga berpotensi sangat mudah mengembang, kepadatan baik, nilai CBR katagori sangat jelek dan nilai tegangannya termasuk konsistensi tanah keras. Setelah distabilisasi dengan kadar garam sampai dengan 20% termasuk tanah lempung plastisitas tinggi sehingga berpotensi mudah mengembang, kepadatan baik, nilai CBR katagori jelek mendekati baik dan nilai tegangannya termasuk konsistensi tanah keras.
Tanah Sumenep Madura jika akan digunakan sebagai timbunan dan tanah dasar sebaiknya nilai plastisitas diturunkan sampai indek plastisitasnya < 20%
Kata Kunci : Tanah, garam, timbunan, tanah dasar

Full Text | Peer Review