ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN KEUNGGULAN STRATEGI BERSAING DI SEKTOR INDUSTRI KREATIF


ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN KEUNGGULAN STRATEGI BERSAING
DI SEKTOR INDUSTRI KREATIF
Lukmandono
Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri
Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)
Jl.Arief Rachman Hakim 100 Surabaya 60117
Email : [email protected]
ABSTRAK
Keunggulan strategi bersaing sektor industri kreatif di Indonesia merupakan hal penting yang
harus diperhatikan para pelaku industri mengingat pelaksanaan AFTA 2015 memberikan
pengaruh tingkat kompetisi yang semakin tinggi. Peluang untuk menang dalam persaingan di
sektor industri kreatif masih terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keunggulan
strategi bersaing di sektor industri kreatif sebagai dasar untuk melakukan perencanaan strategi
pengembangan di masa yang akan datang. Melalui pendekatan analisis SWOT, dihasilkan nilai
IFAS sebesar 2,405 nilai EFAS sebesar 2,42 sehingga matriks IE mengarahkan posisi untuk
menerapkan srategi pertumbuhan dan stabilitas. Bobot prioritas pada empat variabel
berpengaruh dilakukan dengan pendekatan AHP dengan hasil sebesar 47% untuk manufacturing
strategi, 21% untuk competitive strategy, 17% untuk kemitraan dan 15% untuk teknologi.
Melalui matriks pengembangan strategi daya saing industri kreatif dihasilkan sepuluh
keunggulan strategi yaitu: (1) Peningkatan daya saing industri kreatif melalui pemanfaatan
bahan baku, SDM dan potensi pasar, (2) penguatan hubungan kemitraan antara pemerintah dan
pelaku usaha, (3) pembentukan basis teknologi untuk mendukung perkembangan industri kreatif,
(4) meningkatkan keunggulan bersaing melalui efisiensi dan produktivitas, (5) Meningkatkan
upaya untuk menciptakan penghargaan terhadap HKI, (6) peningkatan kemampuan SDM dalam
memanfaatkan bahan baku, (7) peningkatan dukungan pemerintah untuk meminimalkan
pembajakan dan penanganan HKI, (8) penguatan iklim usaha yang kondusif untuk mendukung
investasi teknologi baru, (9) peningkatan apresiasi terhadap budaya dan produk lokal yang
berkualitas, dan (10) penciptaan skema dan lembaga pembiayaan yang mendukung
berkembangnya industri kreatif.
Kata kunci : SWOT, AHP, Keunggulan Bersaing, Industri Kreatif

Full Text