RANCANG BANGUN SISTEM TRANSMISI, KEMUDI, DAN PENGEREMAN MOBIL LISTRIK “SEMUT ABANG


RANCANG BANGUN SISTEM TRANSMISI, KEMUDI, DAN
PENGEREMAN MOBIL LISTRIK “SEMUT ABANG ”
Bambang Setyono
[1] , Yudhi Setiawan [2]
Jurusan Teknik Mesin, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
[1][2]
Abstrak
Penelitian ini bertujuan melakukan rancang bangun beserta uji performansi sistem transmisi, sistem kemudi
dan sistem pengereman mobil listrik “Semut Abang ITATS”. Asumsi dasar mobil listrik yang dirancang
merupakan tipe prototip dengan mengacu regulasi IEMC, dengan berat pengemudi dan mobil maksimum
152 kg, motor listrik tipe BLDC daya 800 watt 48 volt dan putaran 1100 rpm. Baterry lithium dengan
kapasitas 48 Vdc 20 AH. Hasil rancang-bangun sistem transmisi menggunakan sprocket chain, sistem
kemudi menggunakan dua drag link, dan pengereman menggunakan sistem cakram. Mobil beroda tiga,
depan dua roda dan belakang satu roda. Panjang wheele base 1,54 m, jarak antar roda depan 0,79 m tinggi
ground clearance 5 cm.
Dari hasil pengujian diperoleh hasil mobil mampu bergerak stabil saat melaju di trek lurus maupun belok.
Kecepatan maksimum 50 km/jam , torsi maksimum 1,792 kgm. Untuk sistem kemudi, radius belok minimal
3,53 meter pada saat sudut belokan roda depan 2 0 , radius belok maksimal sebesar 17,65 m pada sudut belok
roda depan 5 0 . Sedangkan untuk sistem pengereman, pada jalan datar atau elevasi 0 0 ,gaya pengereman
yang dibutuhkan sebesar 46,38 Newton.
Kata kunci: Mobil Listrik, Semut Abang, Sistem Transmisi, , Sistem Pengereman, Sistem Kemudi

Full Text