VORTEX INDUCED VIBRATION (VIV) YANG TERJADI AKIBAT VARIASI GAP TERHADAP MULTIPLE RODS PADA KOMPONEN SILINDRIS


Maria Margareta Z. B.(1), Rudi Walujo Prastianto(2), Handayanu(2)
Jurusan Teknik Perkapalan, ITATS(1)
Program Pascasarjana Teknologi Kelautan (PPsTK)(2),(3)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ABSTRAK

Studi aliran disekitar bluff body dan efek dari fenomena vortex induced vibration (VIV) diperlukan dalam
mendesain bagunan lepas pantai, jembatan dan lain sebagainya. VIV dapat menyebabkan berkurangnya umur
operasi suatu peralatan dan dapat berakibat pada kegagalan operasi. Oleh karena itu sangat penting untuk
memahami mekanisme terjadinya VIV dan rangkaian interaksi fluida dan struktur. Dalam hal ini, VIV
semaksimal mungkin harus diminimalisir karena efeknya akan menurunkan kekuatan lelah elemen struktur,
sehingga diperlukan cara agar dapat mengurangi VIV serta aman digunakan pada elemen struktur seperti riser
yang berukuran panjang. Penelitian ini dilakukan secara numerik dengan menggunakan metode Computational
Fluid Dynamics (CFD). Silinder model yang digunakan berdiameter (D) 0.016 m dan panjang (L) 28.04 m
yang diposisikan vertikal dengan piranti berupa rod berdiameter 4 mm (d). Variasi gap antara silinder dan rods
(δ), masing-masing adalah 3 mm, 6 mm dan 9 mm sehingga memberikan parameter δ/D berturut-turut 0.187,
0.375, dan 0.562. Arus yang dikenakan dalam pemodelan ini adalah uniform flow berarah tegak lurus terhadap
silinder dengan kecepatan (U) yang divariasikan sehingga didapat Reynolds Number (Re) sebesar 2400, 3900,
5500, 6200, 6900 dan 7600. Pemasangan piranti pereduksi VIV pada silinder model di pasang sepanjang 60%
dari panjang total. Dari hasil permodelan numerik CFD diperoleh maksimum koefisien drag (CD) untuk bare
cylinder pada Re 6900 dengan nilai CD=1.3 Sedangkan, untuk piranti pereduksi VIV berupa rods dengan gap 6
mm yang dipasang pada cylinder menunjukan penurunan nilai CD yang stabil.

Keywords: Vortex Induced Vibration (VIV), Riser, Rods, Computational Fluid Dynamics (CFD), Drag Force

Full Text