REKOMENDASI PAKET PEMBELIAN BARANG PADA TOKO ONLINE DENGAN COLLABORATIVE FILTERING


REKOMENDASI PAKET PEMBELIAN BARANG PADA TOKO
ONLINE DENGAN COLLABORATIVE FILTERING
Devi Dwi Purwanto
Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Teknik Surabaya
[email protected]

ABSTRAK
Saat ini banyak ditemui penjualan barang tidak hanya bersifat tradisional, dimana pembeli dengan penjual
bertemu, namun dapat pula penjualan dilakukan secara online. Untuk meningkatkan penjualan, penjual
menawarkan produk-produk yang dijual dengan berbagai macam promo, diantaranya penjualan paket dengan
harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan penjualan produk secara terpisah. Namun demikian
penawaran promo tersebut harus diketahui oleh penjual, produk apakah yang cocok dibuat paket. Dimana
paket yang ditawarkan oleh tiap pelanggan dapat berbeda. Perbedaan tersebut dapat melihat perilaku
pelanggan yang memberi rating pada produk tertentu, serta produk apa yang biasanya dibeli bebarengan
dengan produk tersebut. Collaborative filtering digunakan untuk memberikan rekomendasi paket pembelian
barang untuk masing-masing pelanggan. Hal ini dilakukan selain untuk meningkatkan omzet penjualan dan
memberikan rekomendasi pada pelanggan supaya pelanggan merasa puas karena took online tersebut
mengetahui kebutuhan pelanggan.
Kata kunci : Collaborative Filtering, Link Analysis, Rekomendasi

Full Text